Friday, February 17, 2012

Suasana Pembuatan E- KTP Kecamatan Pondok Gede

Halo pembaca! Pada hari Jum'at ini, 17 Februari 2012 kali ini saya akan menceritakan sekilas mengenai pembuatan E-KTP di kantor kecamatan Pondok Gede tadi pagi. Pembuatan E-KTP ini berlangsung sangat ramai walaupun waktu menunjukkan pukul 9 WIB.
Sebelumnya ayah saya sudah mendaftarkan seluruh anggota keluarga jam 5 pagi sehingga kita semua tidak menunggu waktu yang begitu lama untuk mengantri ketika sampai. Syarat pendaftaran adalah fotokopi KK, Undangan E-KTP, dan KTP. Pertama-tama kita mengantri diluar kantor camat menunggu salah satu anggota keluarga kita (biasanya kepala keluarga) untuk dipanggil.

 































































Menunggu nama salah satu anggota keluarga dipanggil


Setelah salah satu nama keluarga dipanggil, kita masih mengantri lagi didalam kantor untuk menunggu giliran pengambilan data untuk E-KTP. Petugas yang berjaga memberikan dokumen pendaftaran yang sudah didata pada salah satu anggota keluarga lalu ikut mengantri. Terlihat di foto ini antrian yang panjang.

Mengantre untuk pengambilan data per keluarga

Akhirnya, ketika sudah mencapai giliran kita, kita akan dimintai dokume pendaftran yang diberikan petuga s tadi. Tiap anggota keluarga dipisahkan per petugas yang akan menanyai keabsahan data, foto diri, sidik jari empat jari kanan kiri, dua jempol kanan kiri, sidik iris (selaput pelangi) mata, tanda tangan dua kali. kabarnya E-KTP akan jadi 3 bulan mendatang. Dengan E-KTP tidak akan ada lagi perpanjangan masa berlaku KTP dan berlaku di seluruh wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) kecuali hilang atau rusak harus diproses ulang.

Suasana kantor dalam pengambilan data untuk E-KTP

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post